BAB II
GAMBARAN SITUASI DAN SITUASI SEKOLAH
A. Identitas Sekolah
1.
Nama Sekolah :SMP NEGERI 30 KOTA BANDUNG
2.
Alamat :
Jl. Sekejati no.23 Kiaracondong Bandung
3.
SK Pendirian : MENDIKBUD/0472/0/1983/7-11-1983
4.
Nomor Statistik : 20./.02.60.11.107
5.
Nama Kepala Sekolah : Y U S U P,
S.Pd.,M.M.Pd.
NIP
196507311989031004
6.
SK Pengangkatan Nomor : 821.2/Kep.
344-BKD/2015
Tanggal :
10 April 2015
B. Peserta Didik
Perempuan = 217 Orang
2. Kelas VIII Laki-laki = 16 Orang
3. Kelas IX Laki-laki = 212
Orang
Jumlah
Keseluruhan Laki-laki = 558 Orang
Perempuan = 639 Orang
1.
Waktu Kegiatan
Belajar Mengajar
1 jam pelajaran 40 menit
setiap hari Senin sampai Jumat
2.
Kegiatan Belajar Mengajar dilaksanakan:
Pagi : Pukul 06.45 – 14.15 Senin sampai Jumat
Rombongan Belajar = 30
Rombel
Jumlah Personalia
Guru Pengajar terdiri dari Guru tetap dan guru
tidak tetap
Guru tetap :
44 orang
Guru Tidak Tetap :
9 orang
Guru Bantu : 0 orang
Guru DPK : 0 orang
Jumlah : 53
orang
C. Data Ruangan
1.
Ruang Kepala Sekolah
2.
Ruang Wakil Kepala sekolah
3.
Ruang Tata Usaha
4.
Ruang BP/BK
5.
Ruang OSIS
6. Ruang Sarana Prasarana dan Humas
7.
Ruang Laboratorium IPA
8.
Ruang Laboratorium Komputer
9.
Ruang Laboratorium Bahasa
10. Ruang
Perpustakaan
11. Ruang
Guru
12. Ruang
Kantin Siswa
13. Ruang
Toilet Guru
14. Ruang
Toilet Siswa
15. Ruang
Toilet Kepala Sekolah
16. Mesjid
17. Ruang
PMR/UKS
18. Ruang
Satpam
19. Ruang
Pramuka
20. Ruang
Piket Guru
21. Ruang
Kelas
D. Kepegawaian Tahun Pelajaran 2015/2016
Untuk kelancaran kegiatan sekolah pegawai Tata Usaha yang terdiri dari 4
orang tenaga tetap dan dibantu oleh 6 orang tenaga honorer untuk TU dan 4 pesuruh.
Jumlah guru sebagai besar sudah relevan dengan kelayakan yang dibutuhkan
berdasarkan mata pelajaran.
Yang belum relevan dengan tugas diikutkan :
1.
Dalam MGMP
2.
Dalam Penataran
3.
Dalam Seminar
4.
Pembinaan dari Pengawas
5. Bagi
tenaga TU yang honorer diberikan pembinaan oleh kepala TU
E. Daftar Nama Guru yang diberi Tugas Tambahan Tahun Pelajaran 2015/2016
1. Tugas Tambahan Sebagai Wakil Kepala
Sekolah Bidang Kurikulum dan staf
No
|
Nama
|
NIP
|
Tugas Tambahan
|
1.
|
Hj.Eneng Nurcita,S.Pd.
|
196005041983032008
|
Waksek Kurikulum
|
2.
|
Nining Rahayu,S.Pd.
|
196907301999022003
|
Staf waka Kurikulum
|
3.
|
Novita Mira Dewi,S.Pd.M.M.
|
196911031994122001
|
Staf waka Kurikulum
|
4.
|
Hj.Yooke Kusdariyati, S.Pd.M.Ds.
|
19631118
1984032004
|
Staf waka Kurikulum
|
5.
|
Wardani,S.Pd.
|
196107051983022005
|
Staf waka Kurikulum
|
2. Tugas Tambahan Sebagai Wakil
Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan staf
No
|
Nama
|
NIP
|
Tugas Tambahan
|
1.
|
Damdam Efendi,S.Pd.M.M.
|
196607131989031005
|
Wakasek Kesiswaan
|
2.
|
Tuti Haryati,S.Pd.
|
197011252014112001
|
Staf waka Sarpras
|
3.
|
Wiwin Karlina,S.Pd.
|
196903291992032007
|
Staf waka Kesiswaan
|
2. Tugas Tambahan Sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas
No
|
Nama
|
NIP
|
Tugas Tambahan
|
1.
|
Dra. Hj.Teti Mardiana,M.M.
|
196210121983022003
|
Wakasek Humas
|
2.
|
Saeful Anwar,S.Pd.
|
196509021989031005
|
Staf waka Humas
|
3.
|
Siwi Astini,
M.Pd
|
196501171987032006
|
Staf waka Humas
|
2. Tugas Tambahan Sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana Prasarana
No
|
Nama
|
NIP
|
Tugas Tambahan
|
1.
|
Suryaman,S.Pd.
|
195807021983031011
|
Wakasek Sarpras
|
2.
|
Dra.Euis Aisah,M.Pd.I.
|
196694181992032001
|
Staf Waka Sarpras
|
3.
|
Hj.N.Jejen Jenab,S.Pd.
|
196407101984122004
|
Staf Waka sarpras
|
Tugas Tambahan
Sebagai Koordinator MGMPS
No
|
Nama
|
NIP
|
Mata Pelajaran
|
1
|
Dra.Euis Aisah,M.M.Pdi.
|
195505041979032001
|
PAI
|
2
|
Hj. Dra T Amalia
|
196003091981012004
|
PKn
|
3
|
Hj.Nia Kurnia,S.Pd.
|
196012171983032011
|
Bahasa Indonesia
|
4
|
Novita MD, S.Pd,M.M.
|
196911031994122001
|
Bahasa Inggris
|
5
|
Dra.Ida Farida
|
19641116199122001
|
Matematika
|
6
|
Wardani,S.Pd.
|
196210121983022003
|
Pengetahuan Alam
|
7
|
Hj.Dra.Lilis Nurhidayah
|
19620612198603200
|
Pengetahuan Sosial
|
8
|
Siti Mariam, S.Pd
|
196305271985122001
|
Seni Budaya
|
9
|
Suryaman, S.Pd
|
195807021983031011
|
Penjaskes
|
10
|
Drs Asep Kurnia, S.Pd
|
196009281981111001
|
TIK
|
11
|
Sulastri, S.Pd
|
19640714198803200
|
Mulok Bahasa Sunda
|
12
|
Dewi Riantini,S.Pd.
|
195912011981032007
|
PLH
|
Tugas Tambahan Penanggung Jawab Koordinator Laboratorium dan Perpustakaan
No.
|
Nama
|
NIP
|
Penanggungjawab
|
1
|
Euis Aminah, S.Pd
|
196104041982032007
|
Koordinator Perpustakaan
|
2
|
Ika Christianti,S.Pd.
|
198012112006042010
|
Laboran IPA
|
Tugas Tambahan Pembina Ekstrakurikuler
No
|
Jenis
|
Nama
|
NIP
|
1
|
Irma
|
Dra.Euis Aisah,M.MPd.I
Dra.Jejen Jenab
|
196604181992032001
196705221994032004
|
2
|
Seni Tari
|
Hj. Yooke K,S.Pd.,M.Ds.
|
196311181984032004
|
3
|
Renang
|
Endang Suhendar,S.Pd.
|
|
4
|
Bulutangkis
|
Endang Suhendar,S.Pd.
|
|
5
|
KIR Biologi
KIR Fisika
|
Dra.Hj. Elin Karlinah
Yufi Firliantini,S.Pd
|
196010061992022001
197104141998022001
|
6
|
Futsal
|
Suryaman,S.Pd
|
195807021983031011
|
7
|
Basket
|
Saeful Anwar,S.Pd.
|
196509021989031005
|
8
|
Tenis Meja
|
Saeful Anwar,S.Pd.
|
196509021989031005
|
8
|
KIR Matematika
|
Novia Heryati,S.Pd.
|
195603031980111001
|
9
|
PMR
|
Sulastri, S.Pd
|
19640714198803200
|
10
|
Pramuka
|
Kusumawardani,S.Pd.
Hj.Endang Riyani,S.Pd.
Siti Mariam,S.Pd.
Gunawan YS,S.Pd.
Hj.Dra.T.Amalia
|
197109231997022003
195903081983032007
196305271985122001
195603031980111001
196003091981012004
|
11
|
Paskibrata
|
Jusep Heriajanto
|
196907301999022003
|
12
|
Eksamble
|
Euias Aminah,S.Pd.
|
19610404198203200
|
13
|
Karate
|
Suryaman, S.Pd
|
195807021983031011
|
13
|
Karawitan
|
Gunawan YS,S.Pd.
|
196503031980111001
|
14
|
Angklung
|
|
|
15
|
Calung
|
|
|
16
|
Sisingaan
|
|
|
17
|
Reog
|
|
|
Tugas Tambahan Piket KBM
No
|
Hari
|
Nama
|
1
|
Senin
|
1.Hj.Nia Kurnia,S.Pd
2.Hj.Ida Komala,S.Pd.
3.Siwi Astini,S.Pd.M.Pd.
|
2
|
Selasa
|
1.Rosyanti,S.Pd.
2.Jufi Firliantini,S.Pd.
3.Lenny Nailly,S.Pd.
|
3
|
Rabu
|
1.Lalan Tarlan Takhrudin,S.Pd.
2.Wiwin Karlina,S.Pd
3.Hj.N.Jejen Jenab,S.Pd.
|
4
|
Kamis
|
1.Dewi Riantini,S.Pd.
2.Tuti Haryati,S.Pd.
3.Hasnah
|
5
|
Jumat
|
1.Hj. Dra.T.Amalia.
2.Hj.Endang Riyani,S.Pd.
3.Hj.Ika Christini,S.Pd.
|
F. Perpustakaan
1.
Pengadaan buku-buku pelajaran.
2.
Perencanaan pembenahan administrasi perpustakaan.
3.
Pengurusan dan pelayanan perpustakaan.
4.
Perencanaan pengembangan perpustakaan.
5. Pemeliharaan dan perbaikan buku/koleksi perpustakaan.
6.
Inventarisasi buku/koleksi perpustakaan.
7.
Penyimpanan buku/koleksi perpustakaan.
8. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan
perpustakaan secara terbuka.
G. Laboratorium
Pelaksanaan kegiatan pembelajaran di laboratorium dalam penanganan dan
pengelolaan sebagai berikut :
1.
Mempersiapkan ruang Laboratorium/praktek.
2.
Pemeliharaan ruang laboratorium/praktek.
3.
Inventarisasi bahan/alat praktek.
4.
Pengawasan pelaksanaan praktek.
5. Penyusunan laporan keadaan bahan dan
kebutuhan alat praktek.
6. Menerima, memeriksa dan meneliti alat-alat
yang yang telah dikembalikan oleh guru/siswa.
7. mengetahui kegunaan dan cara kerja setiap
peralatan yang menjadi wewenangnya.
8. Melaporkan kalau ada alat yang rusak atau
hilang kepada Kepala Sekolah.
H. Ruang Komputer
1.
Mempersiapkan ruang Laboratorium/praktek komputer
2.
Pemeliharaan ruang Laboratorium/praktek komputer
3.
Inventarisasi alat praktek komputer
4.
Pengawasan pelaksanaan praktek
5. Penyusunan laporan keadaan alat praktek
komputer
I. Administrasi Personal
Sebagai
pengendali pelaksanaan untuk menacapai sasaran, maka diperlukan alat bantu yang
berupa administrasi.
1.
Administrasi
Kepala Sekolah, meliputi :
a.
Program Kerja Kepala Sekolah
b.
RAPBS
c.
Kalender Pendidikan
d.
Daftar Pembagian Tugas
e.
Struktur Organisasi Sekolah
f.
Jadwal Pelajaran
g.
Peraturan
Tata Tertib Guru dan Tata Usaha
h.
Acara Kerja Kepala Sekolah
i.
Jadwal Guru Piket
j.
Buku Piket
k.
Buku Pembinaan
l.
Himpunan Hasil Supervisi
m.
Buku Notulen Rapat
n.
Buku Tamu Umum dan Khusus
o.
Dokumen Pendirian Sekolah
Disamping itu pula Kepala
Sekolah perlu memiliki :
a.
Kegiatan harian
yang memuat :
1) Memeriksa daftar hadir guru, tenaga teknis
kependidikan dan tenaga tata usaha.
2) Mengatur dan memeriksa kegiatan 7K di
sekolah.
3) Memeriksa program satuan pelajaran,
perangkat KBM lainnya untuk proses belajar mengajar tatap muka di kelas.
4) Menyelesaikan surat-surat, menerima tamu
dan menyelesaikan/ menyelenggarakan pekerjaan kantor lainnya.
5) Mengatasi hambatan-hambatan terhadap
berlangsungnya proses belajar mengajar.
6) Mengatasi kasus-kasus yang terjadi hari
itu.
7) Memeriksa segala sesuatu menjelang sekolah
itu selesai.
b.
Kegiatan mingguan yang meliputi:
1) Upacara Bendera pada hari Senin dan
hari-hari besar lainnya.
2) Memeriksa agenda dan menyelesaikan
surat-surat.
3)
Mengatur penyediaan keperluan kantor.
c. Kegiatan Bulanan yang meliputi antyara
lain :
1) Melaksanakan penyelesaian kegiatan
pengajian pegawai/guru, laporan bulanan, rencana keperluan perlengkapan kantor/sekolah
dan rencana belanja bulanan.
2)
Melaksanakan pemeriksaan umum terhadap :
a)
Buku kelas
b) Daftar Hadir Guru dan TU beserta
kendalanya
c)
Pencapaian Target Kurikulum
d)
Kumpulan Program Satuan Pelajaran
e)
Mengenai Daya Serap
f)
Program Perbaikan
dan Pengayaan
g)
Buku Catatan Pelakasanaan BP
3)
Memberi petunjuk catatan kepada guru-guru tentang siswa
yang perlu diperhatikan, kasus yang perlu diperhatikan, kasus yang perlu
diketahui dalam rangka pembinaan kegiatan siswa.
4) Membuat program dan melaksanakan kunjungan
kelas
5) Pada akhir bulan mengadakan penutupan
buku, pertanggung jawaban keuangan serta evaluasi
d.
Kegiatan Semester
1)
Menyelenggarakan perbaikan alat-alat sekolah.
2) Menyelenggarakan pengisian daftar induk
siswa, klaper, buku mutasi.
3)
Menyelenggarakan persiapan evaluasi/semester.
4) Menyelenggarakan evaluasi kegiatan BP,
OSIS, UKS, dan ektrakurikuler lainnya.
5) Menyelenggarakan setiap usai semester
dengan kegiatan nilai leger, ketetapan nilai rapor, catatan tentang siswa yang
perlu mendapat perhatian khusus, pengisian nilai semester, pembagian rapor,
pemanggilan orang tua siswa apabila diperlukan untuk berkomunikasi.
e.
Kegiatan akhir tahun pelajaran
1) Menyelenggarakan penutupan buku inventaris
dan keuangan
2) Menyelenggarakan UN pusat dan lokal serta
ulangan semester
3) Menyelenggarakan persiapan kenaikan kelas
yang meliputi :
-
Persiapan Daftar Nilai
-
Menyiapkan bahan-bahan rapat guru
-
Pengisian
rapor dan dokumen UAN pusat dan lokal
-
Perpisahan
kelas IX, kenaikan kelas, pembagian rapor, penyerahan STTB (Ijazah) dan upacara
pelepasan akhir tahun.
4)
Menyelenggarakan pembuatan laporan akhir tahun
5) Merencanakan penerimaan siswa baru untuk
tahun berikutnya.
2.
Administrasi Tata Usaha
2.1 Administrasi Ketenagaan
a.
Program Kerja Bidang Ketenagaan
b.
Struktur Organisasi Staf
c. Rincian/Uraian Tugas Personal Tata Usaha
d.
Buku Induk Pegawai
e.
File Pegawai Perorangan
f.
Daftar Hadir Pegawai Tata Usaha
g.
Daftar Kepangkatan (DUK)
h.
Daftar Tunggu Kenaikan Pangkat/Berkala
i.
Data
Statistik Pegawai (Kelebihan atau kekurangan)
j.
Himpunan DP-3 Pegawai
k.
Buku cuti
l.
Catatan Penataran
2.2
Administrasi Kesiswaan
a.
Buku Induk Siswa
b.
Buku Klaper
c.
Buku Absensi Siswa
d.
Buku Daftar Kelas/Leger
e.
Buku Mutasi Siswa
f.
Peraturan Tata Tertib Siswa
g.
Data Statistik Siswa
h.
Daftar Peneriamaan Siswa Baru
i.
Daftar Peneriamaan STTB
j.
Data Kenaikan Kelas
k.
Data Tamat Belajar
l.
Data Siswa yang melanjutkan sekolah
m.
Papan Data Siswa
2.3
Administrasi Keuangan
a. Daftar Dana tiap mata anggaran rutin
/DPP/OPF
b.
Buku Penerimaan SPMU
c.
Buku Kas Umum/Tabel Laris
d.
Buku Kas Pembantu
e.
Berita Acara Pemeriksaan atasan Langsung
f.
Buku Pungutan dan Penyetoran Pajak
g.
Himpunan Buku Pengeluaran
h.
Daftar Penerimaan Gaji/Insentif lainnya
i.
Tempat penyimpanan uang/brankas
2.4
Admisitrasi Perlengkapan
a.
Rencana Kebutuhan Perlengkapan
b.
Tim Belian Barang
c.
Tim Pemeriksa Barang
d.
Tim Penghapusan Barang
e.
Buku Pembelian
f.
Buku Penerimaan Barang
g.
Buku Pengeluaran Barang
h.
Buku Penghapusan Barang
i.
Buku Induk Inventaris
j.
Buku Golongan Barang Invetaris
k.
Buku Catatan Barang Noninventaris
l.
Nomor Barang Inventaris
2.5
Administrasi Persuratan
a. Buku Agenda Surat Masuk dan Keluar
b.
Buku Ekspedisi
c.
Kartu Kendali Surat
3.
Administrasi Guru
1.
Administrasi Guru Kelas
a.
Jumlah Minggu Belajar
b.
Jumlah Minggu Efektif
c.
Rencana Tahunan
d.
Rencana Pelajaran
e.
Penjabaran Kurikulum
f.
Persiapan
Mengajar
g.
Rencana Mengajar
2.
Admisitrasi Guru Kelas 7, 8, dan 9
a. Program
Tahunan
b.Program Semester
c. Satuan
Pelajaran
d.
Analisis Materi Pelajaran
e. Daftar
Nilai
f. Catatan
Kemajuan Siswa
3.
Administrasi Wali Kelas
a.
Denah Tempat Duduk
b.
Papan Absensi Siswa
c.
Daftar Pelajaran Kelas
d.
Daftar Piket Kelas
e.
Buku Absensi Siswa
f.
Buku Kegiatan Belajar
g.
Tata Tertib Kelas
h.
Catatan Khusus
i.
Statistik Bulanan
j.
Pencatatan Mutasi Siswa
k.
Leger
l.
Organigram
m.
Data Kerawanan Kelas
4.
Administrasi BP/BK
a.
Program Kerja
b.
Struktur Tugas Staf
c.
Rincian Tugas Staf
d.
Perangkat Pengumpulan Data
e.
Perangkat Penyimpanan Data
f.
Perangkat Ketatalaksanaan
g.
Sarana-sarana Penunjang
5.
Administrasi Perpustakaan
h.
Program Kerja
i.
Struktur Organisasi
j.
Perincian Tugas
k.
Daftar Induk Buku
l.
Daftar Klasifikasi Buku
m.
Kartu Buku
n.
Kartu Anggota
o.
Katalog
p.
Tata Tertib Pengunjung
q.
Tata Tertib Anggota Perpustakaan
r.
Jadwal Peminjaman Buku Perpustakaan
s.
Daftar Peminjam
t.
Daftar Pengunjung
u.
Laporan Bulanan
v.
Perabot Perpustakaan
w.
Ruang Perpustakaan
6.
Administrasi Laboratotium
a.
Struktur Organisasi
b.
Perincian Tugas
c.
Jadwal Penggunaan
d.
Daftar Peralatan
e.
Daftar Bahan
f.
Laporan-laporan
J. Hubungan Sekolah dengan Masyarakat
Upaya dalam
meningkatkan hubungan sekolah dengan masyarakat lingkungan sekitar diantaranya
adalah dengan :
1. Meningkatkan
prestasi lulusan untuk mendapat kepercayaan masyarakat antara lain:
a.
Kegiatan
belajar mengajar diintensifkan sehingga lulusan memiliki nilai Ujian Nasional
(UN) yang tinggi.
b.
Meningkatkan tata tertib yang baik disegala bidang.
c.
Meningkatkakn
ekstrakurikuler di bidang olahraga dan kesenian.
2. Melaksanakan bakti sosial yang dapat
dirasakan oleh masyarakat secara langsung, antara lain:
a.
Melaksanakan
kerja bakti kebersihan di sekitar sekolah.
b.
Melaksanakan
zakat fitrah, daging kurban pada waktunya, dan memberikan kepada mustahiq di
sekitar sekolah.
c.
Mengumpulkan
dana sosial bagi masyarakat yang terkena musibah baik berupa uang, pangan atau
pakaian.
d.
Membebaskan
uang iuran bulanan sekolah kepada yang tidak mampu dengan dasar pertimbangan
dari aparat.
3. Mampu membuktikan bahwa sekolah sebagai
pusat kebudayaan
a. Menerima tamu siapa saja yang datang
dengan ramah, dan penuh sopan santun.
b. Sikap dan perilaku guru sehari-hari
memperlihatkan penuh wibawa sehingga menjadi contoh bagi masyarakat.
c. Guru, tata usaha, siswa mampu
memperlihatkan sikap bermoral Pancasila.
d. Sekolah
sebagai llingkungan wawasan wiyatamandala.
e. Saling
memberikan informasi bagi sekolah.
f. Masyarakat sebagai sumber informasi bagi
sekolah.
g. Hubungan baik dengan instansi lain.
h. Mengadakan hubungan yang erat antara
sekolah dengan orang tua siswa, berdasarkan jalinan yang harmonis.
K. Kegiatan Belajar Mengajar
Dalam bidang
kurikulum ini menyangkut masalah teknis edukatif atau kegiatan belajar mengajar
(KBM).
1. Awal tahun pelajaran baru:
a. Pembiasaan sebelum belajar dengan shalat
dhuha, baca shalawat dan Asmaul Husna.
b. Menyelenggarakan proses penerimaan murid
baru dari awal hingga selesai.
c. Mengatur rombongan belajar siswa dikaitkan
dengan wajar 9 tahun.
d. Menyusun jadwal pelajaran sesuai dengan
tuntutan kurikulum baru bagi kelas VII, VIII dan IX.
e. Program kerja guru dan tata usaha
mengikuti tuntutan kurikulum yang berlaku.
f. Menyusun
program sekolah
2. Kegiatan Belajar Mengajar
a.
Pembagian tugas personalia.
b.
Pengarahan
kepada guru sebagai pengajar dan kepada siswa sebagai yang belajar.
c.
Menyusun
program kerja tahunan, semesteran, bulanan, mingguan, harian, penganalisisan
belajar, persiapan mengajar dan satuan pelajaran.
d.
Ulangan
umum, pra Ujian Nasional/Ujian Nasional, tes perbaikan pengayaan belajar siswa.
e.
Ujian Nasional
f.
Kegiatan
akhir tahun pelajaran kelulusan siswa kelas IX kenaikan kelas VII dan kelas
VIII, mutasi siswa baru dan lama.
g.
Pembagian
tugas-tugas guru, mutasi guru mata pelajaran, mengatur kelayakan guru.
h.
Menyelesaikan berbagai jenis laporan.
i.
Pertemuan-pertemuan
dengan orang tua/wali siswa baru dan lama.
j.
Penyampaian
program kegiatan sekolah kepada orang tua/wali siswa.
3. Kegiatan Ekstra Kurikuler/Pengembangan
Diri
Kegiatan ekstrakurikuler yang
diadakan di SMP Negeri 30 Kota Bandung adalah:
a. Pramuka, PMR, paskibra, KIR, futsal, bola
voli, bola basket, seni tradisional, vokal, mading, dan kerohanian/BTQ.
b. Pengisian waktu luang dan libur, widya
lapangan dan studi banding situasi dan kondisi memungkinkan.
c. Pengayaan mata pelajaran bagi siswa kelas IX
dalam rangka menghadapi Ujian Nasional.
4.
Wawasan Kepala Sekolah tentang kurikulum
a. Kepala
sekolah berusaha memperdalam/mempelajari tujuan Pendidikan Nasional, tujuan
pendidikan SMP, buku-buku kurikulum baru maupun lama, juklak, juknis, dan
lain-lain ketentuan yang terikat.
b. Kepala Sekolah memahami benar tentang SK,
KD, KKM, Pemetaaan Pelajaran yang diharapkan pada kurikulum Tingkat Satuan
Pelajaran (KTSP).
c. Kepala Sekolah berusaha memahami maksud
dan tujuan dari perubahan-perubahan kurikulum serta kegiatannya dalam
lingkungan masyarakat.
d. Mengusahakan buku-buku kurikulum, juklak,
juknis yang terbaru disekolah.
5.
Pengetahuan Guru tentang kurikulum
a. Kurikulum
yang menyangkut umum seperti cara penilaian, pelaksanaan pelajaran,
metode-metode yang disediakan pihak sekolah di perpustakaan guru.
b. Buku-buku yang bersifat khusus seperti
GBPP mata pelajaran, setiap guru harus memilikinya.
c. Mengadakan
penataran pemasyarakatan kurikulum baru.
d. Diskusi-diskusi antar guru mata pelajaran
tentang kurikulumdan penjabarannya dalam KBM.
e. Kepala Sekolah memberi petunjuk langsung
maupun tidak langsung kepada guru tentang kegiatan belajar mengajar dengan
sistem semester.
f. Guru mengikuti MGMP, Penyetaraan S.1
(memberi kebijaksanaan untuk meningkatkan keilmuannya berdasarkan kemampuan),
dan pelaksanaan kurikulum.
6.
Alat penunjang kurikulum
a. Menyediakan buku-buku pegangan guru yang
bermutu.
b. Menyediakan alat-alat peraga/alat-alat
praktek.
7.
Pengelolaan penerimaan murid baru
a. Menciptakan Sistem Informasi PSB melalui Online internet.
b. Pengadministrasian
yang benardan akurat.
c. Menklasifikasikan
sejak awal.
8.
Peningkatan Mutu Pelajaran
a. Guru harus menguasai materi pengajaran
sebelum bertatap muka dengan siswa di kelas.
b. Menguasai
metode dengan tepat
c. Guru diusahakan mempunyai kemampuan dalam
menyusun program tahunan, semester, satuan pelajaran, persiapan pengajaran,
penganalisis pengajaran, dan lain-lain.
d. Guru diberi pengarahan dan motivasi dari
Kepala Sekolah berupa :
1)
Mengadakan IHT
2)
Mengikuti Penataran
3)
Mengikuti kegiatan MGMP
4)
Mengikuti sanggar-ssanggar
5)
Melanjutkan pendidikannya
e. Siswa
mengadakan kelompok belajar.
f. Pemanfaatan
laboratorium dan perpustakaan.
g. Membenahi administrasi guru dalam
pelaksanaan kurikulum baru :
1) Menghitung minggu belajar dalam satu tahun
2) Menghitung minggu tidak efektif dalam satu
tahun
3)
Mengetahui jumlah minggu belajar
4)
Menyusun program tahunan
5)
Menyusun program catur wulan
6)
Membuat penjabaran kurikulum
7) Menyusun rencana pelajaran, persiapan
mengajar dan satuan pelajaran
L. Pembinaan Lingkungan Sekolah (Wiyatamandala)
Rencana pemeliharaan/penataan sarana dan prasarana Tahun pelajaran
2015/2016, meliputi:
1. Pembangunan Masjid ”Al Hidayah” SMPN 30
Bandung
2. Keperluan infentaris masjid (mukena,
sarung, Al Quran, dan sajadah)
3. Perbaikan 2 ruang kelas
4. Pengadaan buku pelajaran
5. Pengadaan wawasan wiyata mandala
6. Pengadaan bender visi misi
7. Pengadaan pengeras suara
8. Perbaikan lab. Bahasa
9. Pembuatan kantin siswa
10. Penghijauan taman sekolah
11. Pengadaan laptop
12. Pengadaan infocus
13. Pengadaan alat kesenian karawitan
14. Perbaikan ruang guru
15. Perbaikan mesin pompa air
16. Rehab aula
17. Pengadaan tempat tidur caraka yang layak
18. Pengadaan barang habis pakai
19. RKB
20. Perbaikan ruang kelas
21. Pengadaan sarana kebersihan alat pel yang
menggunakan roda.
M. Kesiswaan
Usaha untuk menerima nilai kelulusan tinggi diawal tahun pelajaran adalah
harus berupaya untuk meningkatkan mutu lulusan, prestasi-prestasi lainnya
dibidang olahraga dan kesenian, kegiatan ekstrakurikuler sehingga SMP Negeri 30
Kota Bandung ini mendapat kepercayaan dari masyarakat.
Jika kedisiplinan dan prestasi
sudah menonjol maka dengan sendirinya pendaftar pilihan I yang UMP dan nilai
ijazah tinggi akan banyak, dalam hal ini tentu saja modal utama dalam
kedisiplinan kerja dari semua personal.
Usaha
menaikan tingkat Ujian Nasional para lulusan :
1. Membina siswa secara menyeluruh, termasuk didalamnya keaktifan wali
kelas, BK, Pembina OSIS, guru-guru dan kepala sekolah memberi motivasi dan
meningkatkan pengawasan, kegiatan belajar mengajar, serta meningkatkan kegiatan
Pramuka, Paskibra, PMR dan PKS sebagai kegiatan penunjang.
2.
Pencatatan data siswa dilengkapi :
a.
Data siswa di tata usaha seperti buku induk, buku
klaper, buku mutasi, buku keuangan siswa dll.
b.
Data siswa
di wali kelas seperti leger, daftar nilai, buku pribadi, daya serap, dan buku
laporan pendidikan.
c.
Data di pembina OSIS, program OSIS, program secara
rinci.
d.
Data di guru pembimbing, buku pribadi dan kasus-kasus
lain.
N. Pengawasan dan Evaluasi
Pengawasan dan Evaluasi
sebagai administrasi pendidikan mempunyai fungsi dalam tercapainya tujuan
pendidikan.
Aspek-aspek yang perlu diawasi
dan dievaluasi :
1. Tingkat
tercapainya tujuan
2. Mengenai
rumus materi
3.
Tugas tugas yang dilaksanakan
4. Cara-cara mengatasi siswa yang mendapat
hambatan belajar melalui BK setelah diadakan koordinasi dengan kesiswaan dan
terkait lainnya
5. Keterlibatan Komite Sekolah, orang tua
dalam KBM
6.
Upaya peningkatan mutu pendidikan
7.
Pendayaangunaan sarana/prasarana secara maksimal
8. Kedisiplinan personalia, mengenai sikap
dan administrasi seperti
a.
Absensi
b.
Kunjungan kelas
c.
Perangkat
administrasi kegiatan belajar mengajar tatap muka di kelas
O. Landasan Jalinan Kerja Sekolah dengan Komite Sekolah
Pihak sekolah bekerja sama
dengan Komite SMP Negeri 30 Kota Bandung berlandaskan kepada hal sebagai
berikut :
1. Pendidikan merupakan tanggung jawab
keluarga, masyarakat dan pemerintah. Sekolah berada di lingkungan
masyarakat dan merupakan bagian dari masyarakat.
2. Sekolah
merupakan tempat memproses manusia, sehingga menjadi manusia terdidik,
terampil, taqwa cerdas yang diperlukan oleh masyarakat, orang tua, dan
pemerintah.
3. Bahwa pendidikan yang bermutu
memerlukan biaya yang besar hingga saat ini pemerintah sebagai penyelenggara
sekolah negeri belum mampu memenuhi kebutuhan dana/biaya, fasilitas dan tenaga
yang diperlukan, sehingga siswa belum dapat menikmati belajarnya dengan tidak
membayar iuran.
4. Sekolah
tidak hanya harus memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada orang tua,
Komite SMP Negeri 30 Kota Bandung dan
masyarakat tetapi juga harus mendapatkan pelayanan yang sebaik-baiknya dari
orang tua dan masyarakat pada umumnya.
5. Sekolah memberi informasi kepada Komite
SMP Negeri 30 Kota Bandung serta orang tua siswa mengenai :
a.
RAPBS
yang dibuat pada awal tahun
b.
APBS
c. Perencanaan
anggaran (RAKS) SMP Negeri 30 Kota Bandung, untuk satu tahun (minimal)
d.
Penerimaan Anggaran SMP Negeri 30 Kota Bandung
1.
Penerimaan Sumbangan
1.1
Dana partisipasi
masyarakat yang besarnya tidak ditentukan
1.2
Setelah Sekolah mendapat Dana Bantuan Operasional
Sekolah (BOS) dari pemerintah maka biaya secara keseluruhan dibebankan pada Bos
Pusat yang besarnaya Rp.1000.000/siswa per tahun, dan Bos Kota Bandung yang
besarnya Rp.350.000/siswa per tahun.
1.3
Memberikan keringanan, subsidi silang dan pembebasan
kepada orangtua/wali yang sudah memperoleh surat keeterangan (KKSA)/pembebasan
sesuai dengan peraturan yang berlaku sehubungan kebutuhan pribadi siswa.
2. Pembukuan keuangan dilakukan dengan
sebaik-baiknya.
3. Penyimpanan uang harus aman/mempergunakan
jasa bank pemerintah
4. Penggunaan menurut bidang garapan yang
telah ditentukan
5.
Pertanggungjawaban Penggunaan Dana
5.1
Laporan bulanan, penerimaan dan penggunaannya
5.2
Laporan
sementara disampaikan kepada orangtua siswa berupa surat edaran
5.3
Laporan
tahunan/insidental Dinas Pendidikan
6. Agar hubungan sekolah dan orangtua/Komite
Sekolah SMP Negeri 30 Kota Bandung bekerja baik:
6.1
Saling
memelihara dan meningkatkan hubungan yang erat dan serasi
6.2
Adanya
kerja sama dan tanggung jawab bersama untuk menyempurnakan dan meningkatkan
mutu pendidikan
6.3
Saling
mendorong dan meningkatkan hubungan baik
secara intitusi maupun perseorangan
6.4
Saling membutuhkan kelancaran kegiatan pendidikan
dengan batas wewenang masing-masing
6.5
Membuktikan rasa saling mempercayai
6.6
Adanya
komunikasi terbuka secara timbal balik
6.7
Adanya saling pengertian
6.8
Saling
mencegah hal-hal yang dapat menimbulkan kesenjangan antara sekolah dan Komite
Sekolah SMP Negeri 30 Kota Bandung
6.9
Memupuk rasa saling memiliki
6.10
Adanya rasa
tanggung jawab bersama
6.11 Rasa bangga terhadap lembaga tempat
putra-putrinya belajar
6.12
Kejujuran, kebenaran, dan keadilan
6.13
Musyawarah untuk
mufakat dan tenggang rasa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar