Rabu, 12 Agustus 2015

PROGRAM SMPN 30 BANDUNG (Bag. 2)

BAB II
GAMBARAN SITUASI DAN SITUASI SEKOLAH

    A.  Identitas Sekolah
1. Nama  Sekolah                    :SMP NEGERI 30 KOTA BANDUNG
2. Alamat                                : Jl. Sekejati no.23 Kiaracondong Bandung
3. SK Pendirian                       : MENDIKBUD/0472/0/1983/7-11-1983
4. Nomor Statistik                   : 20./.02.60.11.107
5. Nama Kepala Sekolah         : Y U S U P, S.Pd.,M.M.Pd.
  NIP 196507311989031004
6. SK Pengangkatan Nomor   : 821.2/Kep. 344-BKD/2015   
    Tanggal                               : 10 April 2015

    B.  Peserta Didik

             1.         Kelas VII                  Laki-laki                     =   180  Orang
                                                           Perempuan                 =   217  Orang
            2.         Kelas VIII                  Laki-laki                     =    16  Orang               
                                                   Perempuan                  =  183  Orang

3.         Kelas IX                     Laki-laki                      =  212  Orang             
                                                   Perempuan                  =  239  Orang


Jumlah Keseluruhan          Laki-laki                     =   558  Orang
                                          Perempuan                  =   639   Orang




                                                    Total                            = 1197   Orang





1.      Waktu Kegiatan Belajar Mengajar
1 jam pelajaran 40 menit setiap hari Senin sampai Jumat      
2.      Kegiatan Belajar Mengajar dilaksanakan:
Pagi     : Pukul 06.45 – 14.15  Senin sampai Jumat
            Rombongan Belajar = 30 Rombel

Jumlah Personalia
Guru Pengajar terdiri dari Guru tetap dan guru tidak tetap
Guru tetap                                   : 44 orang
Guru Tidak Tetap                        :   9 orang
Guru Bantu                                  :   0 orang
Guru DPK                                   :   0 orang
Jumlah                                         : 53 orang

C.    Data Ruangan
1.      Ruang Kepala Sekolah
2.      Ruang Wakil Kepala sekolah
3.      Ruang Tata Usaha
4.      Ruang BP/BK
5.      Ruang OSIS
6.      Ruang Sarana Prasarana dan Humas
7.      Ruang Laboratorium IPA
8.      Ruang Laboratorium Komputer
9.      Ruang Laboratorium Bahasa
10.  Ruang Perpustakaan
11.  Ruang Guru
12.  Ruang Kantin Siswa
13.  Ruang Toilet Guru
14.  Ruang Toilet Siswa
15.  Ruang Toilet Kepala Sekolah
16.  Mesjid
17.  Ruang PMR/UKS
18.  Ruang Satpam
19.  Ruang Pramuka
20.  Ruang Piket Guru
21.  Ruang Kelas

D.    Kepegawaian Tahun Pelajaran 2015/2016
Untuk kelancaran kegiatan sekolah pegawai Tata Usaha yang terdiri dari 4 orang tenaga tetap dan dibantu oleh 6 orang tenaga honorer untuk TU dan 4 pesuruh. Jumlah guru sebagai besar sudah relevan dengan kelayakan yang dibutuhkan berdasarkan mata pelajaran.
Yang belum relevan dengan tugas diikutkan :
1.      Dalam MGMP
2.      Dalam Penataran
3.      Dalam Seminar
4.      Pembinaan dari Pengawas
5.      Bagi tenaga TU  yang honorer diberikan pembinaan oleh kepala TU

E.     Daftar Nama Guru yang diberi Tugas Tambahan Tahun Pelajaran 2015/2016
1.      Tugas Tambahan Sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan staf
      

No
Nama
NIP
Tugas Tambahan
      1.       
Hj.Eneng Nurcita,S.Pd.
196005041983032008
Waksek Kurikulum
     2.       
Nining Rahayu,S.Pd.
196907301999022003
Staf  waka Kurikulum
     3.       
Novita Mira Dewi,S.Pd.M.M.
196911031994122001
Staf waka Kurikulum
      4.       
Hj.Yooke Kusdariyati, S.Pd.M.Ds.
19631118 1984032004
Staf waka Kurikulum
     5.       
Wardani,S.Pd.
196107051983022005
Staf waka Kurikulum

 2. Tugas Tambahan Sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan staf

No
Nama
NIP
Tugas Tambahan
1.       
Damdam Efendi,S.Pd.M.M.
196607131989031005
Wakasek Kesiswaan
2.       
Tuti Haryati,S.Pd.
197011252014112001
Staf  waka Sarpras
3.       
Wiwin Karlina,S.Pd.
196903291992032007
Staf waka Kesiswaan

2. Tugas Tambahan Sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas

No
Nama
NIP
Tugas Tambahan
1.       
Dra. Hj.Teti Mardiana,M.M.
196210121983022003
Wakasek Humas
2.       
Saeful Anwar,S.Pd.
196509021989031005
Staf waka Humas
3.       
Siwi Astini, M.Pd
196501171987032006
Staf waka Humas



2. Tugas Tambahan Sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana Prasarana

No
Nama
NIP
Tugas Tambahan
1.       
Suryaman,S.Pd.
195807021983031011
Wakasek Sarpras
2.       
Dra.Euis Aisah,M.Pd.I.
196694181992032001
Staf Waka Sarpras
3.       
Hj.N.Jejen Jenab,S.Pd.
196407101984122004
Staf Waka sarpras

Tugas Tambahan Sebagai Koordinator MGMPS
No
Nama
NIP
Mata Pelajaran
1
Dra.Euis Aisah,M.M.Pdi.
195505041979032001
PAI
2
Hj. Dra T Amalia
196003091981012004
PKn
3
Hj.Nia Kurnia,S.Pd.
196012171983032011
Bahasa Indonesia
4
Novita MD, S.Pd,M.M.
 196911031994122001
Bahasa Inggris
5
Dra.Ida Farida
 19641116199122001
Matematika
6
Wardani,S.Pd.
 196210121983022003
Pengetahuan Alam
7
Hj.Dra.Lilis Nurhidayah
 19620612198603200
Pengetahuan Sosial
8
Siti Mariam, S.Pd
196305271985122001
Seni Budaya
9
Suryaman, S.Pd
 195807021983031011
Penjaskes
10
Drs Asep Kurnia, S.Pd
 196009281981111001
TIK
11
Sulastri, S.Pd
 19640714198803200
Mulok Bahasa Sunda
12
Dewi Riantini,S.Pd.
 195912011981032007
PLH

Tugas Tambahan Penanggung Jawab Koordinator Laboratorium dan Perpustakaan
No.
Nama
NIP
Penanggungjawab
1
Euis Aminah, S.Pd
196104041982032007
Koordinator Perpustakaan
2
Ika Christianti,S.Pd.
198012112006042010
Laboran IPA


Tugas Tambahan Pembina Ekstrakurikuler
No
Jenis
Nama
NIP
1
Irma
Dra.Euis Aisah,M.MPd.I
Dra.Jejen Jenab
196604181992032001
196705221994032004
2
Seni Tari
Hj. Yooke K,S.Pd.,M.Ds.
196311181984032004
3
Renang
Endang Suhendar,S.Pd.

  4
Bulutangkis
Endang Suhendar,S.Pd.

5
KIR Biologi
KIR Fisika
Dra.Hj. Elin Karlinah
Yufi Firliantini,S.Pd
196010061992022001
197104141998022001
6
Futsal
Suryaman,S.Pd
195807021983031011
7
Basket
Saeful Anwar,S.Pd.
196509021989031005
8
Tenis Meja
Saeful Anwar,S.Pd.
196509021989031005
8
KIR Matematika
Novia Heryati,S.Pd.
195603031980111001
9
PMR
Sulastri, S.Pd
19640714198803200
10
Pramuka
Kusumawardani,S.Pd.
Hj.Endang Riyani,S.Pd.
Siti Mariam,S.Pd.
Gunawan YS,S.Pd.
Hj.Dra.T.Amalia

197109231997022003
195903081983032007
196305271985122001
195603031980111001
196003091981012004

11
Paskibrata
Jusep Heriajanto
196907301999022003
12
Eksamble
Euias Aminah,S.Pd.
19610404198203200
13
Karate
Suryaman, S.Pd
195807021983031011
13
Karawitan
Gunawan YS,S.Pd.
196503031980111001
14
Angklung


15
Calung


16
Sisingaan


17
Reog



Tugas Tambahan Piket KBM 
No
Hari
Nama
1
Senin
1.Hj.Nia Kurnia,S.Pd
2.Hj.Ida Komala,S.Pd.
3.Siwi Astini,S.Pd.M.Pd.
2
Selasa
1.Rosyanti,S.Pd.
2.Jufi Firliantini,S.Pd.
3.Lenny Nailly,S.Pd.
3
Rabu
1.Lalan Tarlan Takhrudin,S.Pd.
2.Wiwin Karlina,S.Pd
3.Hj.N.Jejen Jenab,S.Pd.
4
Kamis
1.Dewi Riantini,S.Pd.
2.Tuti Haryati,S.Pd.
3.Hasnah
5
Jumat
1.Hj. Dra.T.Amalia.
2.Hj.Endang Riyani,S.Pd.
3.Hj.Ika Christini,S.Pd.


F.     Perpustakaan
1.      Pengadaan buku-buku pelajaran.
2.      Perencanaan pembenahan administrasi perpustakaan.
3.      Pengurusan dan pelayanan perpustakaan.
4.      Perencanaan pengembangan perpustakaan.
5.      Pemeliharaan dan perbaikan buku/koleksi perpustakaan.
6.      Inventarisasi buku/koleksi perpustakaan.
7.      Penyimpanan buku/koleksi perpustakaan.
8.      Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan perpustakaan secara terbuka.

G.    Laboratorium
Pelaksanaan kegiatan pembelajaran di laboratorium dalam penanganan dan pengelolaan  sebagai berikut :
1.      Mempersiapkan ruang Laboratorium/praktek.
2.      Pemeliharaan ruang laboratorium/praktek.
3.      Inventarisasi bahan/alat praktek.
4.      Pengawasan pelaksanaan praktek.
5.      Penyusunan laporan keadaan bahan dan kebutuhan alat praktek.
6.      Menerima, memeriksa dan meneliti alat-alat yang yang telah dikembalikan oleh guru/siswa.
7.      mengetahui kegunaan dan cara kerja setiap peralatan yang menjadi wewenangnya.
8.      Melaporkan kalau ada alat yang rusak atau hilang kepada Kepala Sekolah.

H.    Ruang Komputer
1.      Mempersiapkan ruang Laboratorium/praktek komputer
2.      Pemeliharaan ruang Laboratorium/praktek komputer
3.      Inventarisasi alat praktek komputer
4.      Pengawasan pelaksanaan praktek
5.      Penyusunan laporan keadaan alat praktek komputer

I.       Administrasi Personal
Sebagai pengendali pelaksanaan untuk menacapai sasaran, maka diperlukan alat bantu yang berupa administrasi.
1.       Administrasi Kepala Sekolah, meliputi :
a.       Program Kerja Kepala Sekolah
b.      RAPBS
c.       Kalender Pendidikan
d.      Daftar Pembagian Tugas
e.       Struktur Organisasi Sekolah
f.       Jadwal Pelajaran
g.      Peraturan Tata Tertib Guru dan Tata Usaha
h.      Acara Kerja Kepala Sekolah
i.        Jadwal Guru Piket
j.        Buku Piket
k.      Buku Pembinaan
l.        Himpunan Hasil Supervisi
m.    Buku Notulen Rapat
n.      Buku Tamu Umum dan Khusus
o.      Dokumen Pendirian Sekolah
Disamping itu pula Kepala Sekolah perlu memiliki :
a.       Kegiatan harian  yang memuat :
1)      Memeriksa daftar hadir guru, tenaga teknis kependidikan dan tenaga tata usaha.
2)      Mengatur dan memeriksa kegiatan 7K di sekolah.
3)      Memeriksa program satuan pelajaran, perangkat KBM lainnya untuk proses belajar mengajar tatap muka di kelas.
4)      Menyelesaikan surat-surat, menerima tamu dan menyelesaikan/ menyelenggarakan pekerjaan kantor lainnya.
5)      Mengatasi hambatan-hambatan terhadap berlangsungnya proses belajar mengajar.
6)      Mengatasi kasus-kasus yang terjadi hari itu.
7)      Memeriksa segala sesuatu menjelang sekolah itu selesai.
b.      Kegiatan mingguan yang meliputi:
1)      Upacara Bendera pada hari Senin dan hari-hari besar lainnya.
2)      Memeriksa agenda dan menyelesaikan surat-surat.
3)      Mengatur penyediaan keperluan kantor.
c.       Kegiatan Bulanan yang meliputi antyara lain :
1)      Melaksanakan penyelesaian kegiatan pengajian pegawai/guru, laporan bulanan, rencana keperluan perlengkapan kantor/sekolah dan rencana belanja bulanan.
2)      Melaksanakan pemeriksaan umum terhadap :
a)      Buku kelas
b)      Daftar Hadir Guru dan TU beserta kendalanya
c)      Pencapaian Target Kurikulum
d)     Kumpulan Program Satuan Pelajaran
e)      Mengenai Daya Serap
f)       Program Perbaikan  dan Pengayaan
g)      Buku Catatan Pelakasanaan BP
3)      Memberi petunjuk catatan kepada guru-guru tentang siswa yang perlu diperhatikan, kasus yang perlu diperhatikan, kasus yang perlu diketahui dalam rangka pembinaan kegiatan siswa.
4)      Membuat program dan melaksanakan kunjungan kelas
5)      Pada akhir bulan mengadakan penutupan buku, pertanggung jawaban keuangan serta evaluasi
d.      Kegiatan Semester
1)      Menyelenggarakan perbaikan alat-alat sekolah.
2)      Menyelenggarakan pengisian daftar induk siswa, klaper, buku mutasi.
3)      Menyelenggarakan persiapan evaluasi/semester.
4)      Menyelenggarakan evaluasi kegiatan BP, OSIS, UKS, dan ektrakurikuler lainnya.
5)      Menyelenggarakan setiap usai semester dengan kegiatan nilai leger, ketetapan nilai rapor, catatan tentang siswa yang perlu mendapat perhatian khusus, pengisian nilai semester, pembagian rapor, pemanggilan orang tua siswa apabila diperlukan untuk berkomunikasi.
e.       Kegiatan akhir tahun pelajaran
1)      Menyelenggarakan penutupan buku inventaris dan keuangan
2)      Menyelenggarakan UN pusat dan lokal serta ulangan semester
3)      Menyelenggarakan persiapan kenaikan kelas yang meliputi :
-          Persiapan Daftar Nilai
-          Menyiapkan bahan-bahan rapat guru
-          Pengisian rapor dan dokumen UAN pusat dan lokal
-          Perpisahan kelas IX, kenaikan kelas, pembagian rapor, penyerahan STTB (Ijazah) dan upacara pelepasan akhir tahun.
4)      Menyelenggarakan pembuatan laporan akhir tahun
5)      Merencanakan penerimaan siswa baru untuk tahun berikutnya.
2.            Administrasi Tata Usaha
2.1    Administrasi Ketenagaan
a.       Program Kerja Bidang Ketenagaan
b.      Struktur Organisasi Staf
c.       Rincian/Uraian Tugas Personal Tata Usaha
d.      Buku Induk Pegawai
e.       File Pegawai Perorangan
f.       Daftar Hadir Pegawai Tata Usaha
g.      Daftar Kepangkatan (DUK)
h.      Daftar Tunggu Kenaikan Pangkat/Berkala
i.        Data Statistik Pegawai (Kelebihan atau kekurangan)
j.        Himpunan DP-3 Pegawai
k.      Buku cuti
l.        Catatan Penataran
2.2      Administrasi Kesiswaan
a.       Buku Induk Siswa
b.      Buku Klaper
c.       Buku Absensi Siswa
d.      Buku Daftar Kelas/Leger
e.       Buku Mutasi Siswa
f.       Peraturan Tata Tertib Siswa
g.      Data Statistik Siswa
h.      Daftar Peneriamaan Siswa Baru
i.        Daftar Peneriamaan STTB
j.        Data Kenaikan Kelas
k.      Data Tamat Belajar
l.        Data Siswa yang melanjutkan sekolah
m.    Papan Data Siswa
2.3      Administrasi Keuangan
a.       Daftar Dana tiap mata anggaran rutin /DPP/OPF
b.      Buku Penerimaan SPMU
c.       Buku Kas Umum/Tabel Laris
d.      Buku Kas Pembantu
e.       Berita Acara Pemeriksaan atasan Langsung
f.       Buku Pungutan dan Penyetoran Pajak
g.      Himpunan Buku Pengeluaran
h.      Daftar Penerimaan Gaji/Insentif lainnya
i.        Tempat penyimpanan uang/brankas
2.4      Admisitrasi Perlengkapan
a.       Rencana Kebutuhan Perlengkapan
b.      Tim Belian Barang
c.       Tim Pemeriksa Barang
d.      Tim Penghapusan Barang
e.       Buku Pembelian
f.       Buku Penerimaan Barang
g.      Buku Pengeluaran Barang
h.      Buku Penghapusan Barang
i.        Buku Induk Inventaris
j.        Buku Golongan Barang Invetaris
k.      Buku Catatan Barang Noninventaris
l.        Nomor Barang Inventaris
2.5      Administrasi Persuratan
a.       Buku Agenda Surat Masuk dan Keluar
b.      Buku Ekspedisi
c.       Kartu Kendali Surat
3.      Administrasi Guru
1.      Administrasi Guru Kelas
a.       Jumlah Minggu Belajar
b.      Jumlah Minggu Efektif
c.       Rencana Tahunan
d.      Rencana Pelajaran
e.       Penjabaran Kurikulum
f.       Persiapan  Mengajar
g.      Rencana Mengajar
2.      Admisitrasi Guru Kelas 7, 8, dan 9
a. Program Tahunan
b.Program Semester
c. Satuan Pelajaran
d.      Analisis Materi Pelajaran
e. Daftar Nilai
f. Catatan Kemajuan Siswa
3.      Administrasi Wali Kelas
a.       Denah Tempat Duduk
b.      Papan Absensi Siswa
c.       Daftar Pelajaran Kelas
d.      Daftar Piket Kelas
e.       Buku Absensi Siswa
f.       Buku Kegiatan Belajar
g.      Tata Tertib Kelas
h.      Catatan Khusus
i.        Statistik Bulanan
j.        Pencatatan Mutasi Siswa
k.      Leger
l.        Organigram
m.    Data Kerawanan Kelas
4.      Administrasi BP/BK
a.       Program Kerja
b.      Struktur Tugas Staf
c.       Rincian Tugas Staf
d.      Perangkat Pengumpulan Data
e.       Perangkat Penyimpanan Data
f.       Perangkat Ketatalaksanaan
g.      Sarana-sarana Penunjang
5.      Administrasi Perpustakaan
h.      Program Kerja
i.        Struktur Organisasi
j.        Perincian Tugas
k.      Daftar Induk Buku
l.        Daftar Klasifikasi Buku
m.    Kartu Buku
n.      Kartu Anggota
o.      Katalog
p.      Tata Tertib Pengunjung
q.      Tata Tertib Anggota Perpustakaan
r.        Jadwal Peminjaman Buku Perpustakaan
s.       Daftar Peminjam
t.        Daftar Pengunjung
u.      Laporan Bulanan
v.      Perabot Perpustakaan
w.    Ruang Perpustakaan
6.      Administrasi Laboratotium
a.       Struktur Organisasi
b.      Perincian Tugas
c.       Jadwal Penggunaan
d.      Daftar Peralatan
e.       Daftar Bahan
f.       Laporan-laporan

J.      Hubungan Sekolah dengan Masyarakat
Upaya dalam meningkatkan hubungan sekolah dengan masyarakat lingkungan sekitar diantaranya adalah dengan :
1. Meningkatkan prestasi lulusan untuk mendapat kepercayaan masyarakat antara lain:
a.       Kegiatan belajar mengajar diintensifkan sehingga lulusan memiliki nilai Ujian Nasional (UN) yang tinggi.
b.      Meningkatkan  tata tertib yang baik disegala bidang.
c.       Meningkatkakn ekstrakurikuler di bidang olahraga dan kesenian.
2.      Melaksanakan bakti sosial yang dapat dirasakan oleh masyarakat secara langsung, antara lain:
a.       Melaksanakan kerja bakti kebersihan di sekitar sekolah.
b.      Melaksanakan zakat fitrah, daging kurban pada waktunya, dan memberikan kepada mustahiq di sekitar sekolah.
c.       Mengumpulkan dana sosial bagi masyarakat yang terkena musibah baik berupa uang, pangan atau pakaian.
d.      Membebaskan uang iuran bulanan sekolah kepada yang tidak mampu dengan dasar pertimbangan dari aparat.
3.   Mampu membuktikan bahwa sekolah sebagai pusat kebudayaan
a.       Menerima tamu siapa saja yang datang dengan ramah, dan penuh sopan santun.
b.      Sikap dan perilaku guru sehari-hari memperlihatkan penuh wibawa sehingga menjadi contoh bagi masyarakat.
c.       Guru, tata usaha, siswa mampu memperlihatkan sikap bermoral Pancasila.
d.      Sekolah sebagai llingkungan wawasan wiyatamandala.
e.       Saling memberikan informasi bagi sekolah.
f.       Masyarakat sebagai sumber informasi bagi sekolah.
g.      Hubungan baik dengan instansi lain.
h.      Mengadakan hubungan yang erat antara sekolah dengan orang tua siswa, berdasarkan jalinan yang harmonis.
K.    Kegiatan Belajar Mengajar
Dalam bidang kurikulum ini menyangkut masalah teknis edukatif atau kegiatan belajar mengajar (KBM).
     1.  Awal tahun pelajaran baru:
a.       Pembiasaan sebelum belajar dengan shalat dhuha, baca shalawat dan Asmaul Husna.
b.      Menyelenggarakan proses penerimaan murid baru dari awal hingga selesai.
c.       Mengatur rombongan belajar siswa dikaitkan dengan wajar 9 tahun.
d.      Menyusun jadwal pelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum baru bagi kelas VII, VIII dan IX.
e.       Program kerja guru dan tata usaha mengikuti tuntutan kurikulum yang berlaku.
f.       Menyusun program sekolah  
2.    Kegiatan Belajar Mengajar
                         a.      Pembagian tugas personalia.
                        b.      Pengarahan kepada guru sebagai pengajar dan kepada siswa sebagai yang belajar.
                         c.      Menyusun program kerja tahunan, semesteran, bulanan, mingguan, harian, penganalisisan belajar, persiapan mengajar dan satuan pelajaran.
                        d.      Ulangan umum, pra Ujian Nasional/Ujian Nasional, tes perbaikan pengayaan belajar siswa.
                         e.      Ujian Nasional
                         f.      Kegiatan akhir tahun pelajaran kelulusan siswa kelas IX kenaikan kelas VII dan kelas VIII, mutasi siswa baru dan lama.
                        g.      Pembagian tugas-tugas guru, mutasi guru mata pelajaran, mengatur kelayakan guru.
                        h.      Menyelesaikan berbagai jenis laporan.
                          i.      Pertemuan-pertemuan dengan orang tua/wali siswa baru dan lama.
                          j.      Penyampaian program kegiatan sekolah kepada orang tua/wali siswa.
    3.      Kegiatan Ekstra Kurikuler/Pengembangan Diri
Kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan di SMP Negeri 30 Kota Bandung adalah:
                            a.   Pramuka, PMR, paskibra, KIR, futsal, bola voli, bola basket, seni tradisional, vokal, mading, dan kerohanian/BTQ.
                           b.   Pengisian waktu luang dan libur, widya lapangan dan studi banding situasi dan kondisi memungkinkan.
                            c.   Pengayaan mata pelajaran bagi siswa kelas IX dalam rangka menghadapi Ujian Nasional.
4.      Wawasan Kepala Sekolah tentang kurikulum
                            a.   Kepala sekolah berusaha memperdalam/mempelajari tujuan Pendidikan Nasional, tujuan pendidikan SMP, buku-buku kurikulum baru maupun lama, juklak, juknis, dan lain-lain ketentuan yang terikat.
                           b.   Kepala Sekolah memahami benar tentang SK, KD, KKM, Pemetaaan Pelajaran yang diharapkan pada kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran (KTSP).
                            c.   Kepala Sekolah berusaha memahami maksud dan tujuan dari perubahan-perubahan kurikulum serta kegiatannya dalam lingkungan masyarakat.
                           d.   Mengusahakan buku-buku kurikulum, juklak, juknis yang terbaru disekolah.
5.      Pengetahuan Guru tentang kurikulum
                            a.   Kurikulum yang menyangkut umum seperti cara penilaian, pelaksanaan pelajaran, metode-metode yang disediakan pihak sekolah di perpustakaan guru.
                           b.   Buku-buku yang bersifat khusus seperti GBPP mata pelajaran, setiap guru harus memilikinya.
                            c.   Mengadakan penataran pemasyarakatan kurikulum baru.
                           d.   Diskusi-diskusi antar guru mata pelajaran tentang kurikulumdan penjabarannya dalam KBM.
                            e.   Kepala Sekolah memberi petunjuk langsung maupun tidak langsung kepada guru tentang kegiatan belajar mengajar dengan sistem semester.
                            f.   Guru mengikuti MGMP, Penyetaraan S.1 (memberi kebijaksanaan untuk meningkatkan keilmuannya berdasarkan kemampuan), dan pelaksanaan kurikulum.

6.      Alat penunjang kurikulum
                            a.   Menyediakan buku-buku pegangan guru yang bermutu.
                           b.   Menyediakan alat-alat peraga/alat-alat praktek.
7.      Pengelolaan penerimaan murid baru
                            a.   Menciptakan Sistem Informasi PSB melalui Online internet.
                           b.   Pengadministrasian yang benardan akurat.
                            c.   Menklasifikasikan sejak awal.
8.      Peningkatan Mutu Pelajaran
                            a.   Guru harus menguasai materi pengajaran sebelum bertatap muka dengan siswa di kelas.
                           b.   Menguasai metode dengan tepat
                            c.   Guru diusahakan mempunyai kemampuan dalam menyusun program tahunan, semester, satuan pelajaran, persiapan pengajaran, penganalisis pengajaran, dan lain-lain.
                           d.   Guru diberi pengarahan dan motivasi dari Kepala Sekolah berupa :
1)      Mengadakan IHT
2)      Mengikuti Penataran
3)      Mengikuti kegiatan MGMP
4)      Mengikuti sanggar-ssanggar
5)      Melanjutkan pendidikannya
                            e.   Siswa mengadakan kelompok belajar.
                            f.   Pemanfaatan laboratorium dan perpustakaan.
                           g.   Membenahi administrasi guru dalam pelaksanaan kurikulum baru :
1)      Menghitung minggu belajar dalam satu tahun
2)      Menghitung minggu tidak efektif dalam satu tahun
3)      Mengetahui jumlah minggu belajar
4)      Menyusun program tahunan
5)      Menyusun program catur wulan
6)      Membuat penjabaran kurikulum
7)      Menyusun rencana pelajaran, persiapan mengajar dan satuan pelajaran
L.     Pembinaan Lingkungan Sekolah (Wiyatamandala)
Rencana pemeliharaan/penataan sarana dan prasarana Tahun pelajaran 2015/2016, meliputi:
1.      Pembangunan Masjid ”Al Hidayah” SMPN 30 Bandung
2.      Keperluan infentaris masjid (mukena, sarung, Al Quran, dan sajadah)
3.      Perbaikan 2 ruang kelas
4.      Pengadaan buku pelajaran
5.      Pengadaan wawasan wiyata mandala
6.      Pengadaan bender visi misi
7.      Pengadaan pengeras suara
8.      Perbaikan lab. Bahasa
9.      Pembuatan kantin siswa
10.  Penghijauan taman sekolah
11.  Pengadaan laptop
12.  Pengadaan infocus
13.  Pengadaan alat kesenian karawitan
14.  Perbaikan ruang guru
15.  Perbaikan mesin pompa air
16.  Rehab aula
17.  Pengadaan tempat tidur caraka yang layak
18.  Pengadaan barang habis pakai
19.  RKB
20.  Perbaikan ruang kelas
21.  Pengadaan sarana kebersihan alat pel yang menggunakan roda.

M.   Kesiswaan
Usaha untuk menerima nilai kelulusan tinggi diawal tahun pelajaran adalah harus berupaya untuk meningkatkan mutu lulusan, prestasi-prestasi lainnya dibidang olahraga dan kesenian, kegiatan ekstrakurikuler sehingga SMP Negeri 30 Kota Bandung ini mendapat kepercayaan dari masyarakat.
Jika kedisiplinan dan prestasi sudah menonjol maka dengan sendirinya pendaftar pilihan I yang UMP dan nilai ijazah tinggi akan banyak, dalam hal ini tentu saja modal utama dalam kedisiplinan kerja dari semua personal.
Usaha menaikan tingkat Ujian Nasional para lulusan :
1. Membina siswa secara menyeluruh, termasuk didalamnya keaktifan wali kelas, BK, Pembina OSIS, guru-guru dan kepala sekolah memberi motivasi dan meningkatkan pengawasan, kegiatan belajar mengajar, serta meningkatkan kegiatan Pramuka, Paskibra, PMR dan PKS sebagai kegiatan penunjang.
2.      Pencatatan data siswa dilengkapi :
                         a.      Data siswa di tata usaha seperti buku induk, buku klaper, buku mutasi, buku keuangan siswa dll.
                        b.      Data siswa di wali kelas seperti leger, daftar nilai, buku pribadi, daya serap, dan buku laporan pendidikan.
                         c.      Data di pembina OSIS, program OSIS, program secara rinci.
                        d.      Data di guru pembimbing, buku pribadi dan kasus-kasus lain.

N.    Pengawasan dan Evaluasi
Pengawasan dan Evaluasi sebagai administrasi pendidikan mempunyai fungsi dalam tercapainya tujuan pendidikan.
Aspek-aspek yang perlu diawasi dan dievaluasi :
            1.   Tingkat tercapainya tujuan
            2.   Mengenai rumus materi
3.   Tugas tugas yang dilaksanakan
4.   Cara-cara mengatasi siswa yang mendapat hambatan belajar melalui BK setelah diadakan koordinasi dengan kesiswaan dan terkait lainnya
5.   Keterlibatan Komite Sekolah, orang tua dalam KBM
6.   Upaya peningkatan mutu pendidikan
7.   Pendayaangunaan sarana/prasarana secara maksimal
8.   Kedisiplinan personalia, mengenai sikap dan administrasi seperti
                         a.      Absensi
                        b.      Kunjungan kelas
                         c.      Perangkat administrasi kegiatan belajar mengajar tatap muka di kelas

O.    Landasan Jalinan Kerja Sekolah dengan Komite Sekolah
Pihak sekolah bekerja sama dengan Komite SMP Negeri 30 Kota Bandung berlandaskan kepada hal sebagai berikut : 
1.      Pendidikan merupakan tanggung jawab keluarga, masyarakat dan pemerintah. Sekolah berada       di lingkungan masyarakat dan merupakan bagian dari masyarakat.
2.     Sekolah merupakan tempat memproses manusia, sehingga menjadi manusia terdidik, terampil,       taqwa cerdas yang diperlukan oleh masyarakat, orang tua, dan pemerintah.
3.  Bahwa pendidikan yang bermutu memerlukan biaya yang besar hingga saat ini pemerintah sebagai penyelenggara sekolah negeri belum mampu memenuhi kebutuhan dana/biaya, fasilitas dan tenaga yang diperlukan, sehingga siswa belum dapat menikmati belajarnya dengan tidak membayar iuran.
4. Sekolah tidak hanya harus memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada orang tua, Komite SMP Negeri 30 Kota Bandung  dan masyarakat tetapi juga harus mendapatkan pelayanan yang sebaik-baiknya dari orang tua dan masyarakat pada umumnya.
5.  Sekolah memberi informasi kepada Komite SMP Negeri 30 Kota Bandung serta orang tua siswa mengenai :
a.       RAPBS yang dibuat pada awal tahun
b.      APBS
c.     Perencanaan anggaran (RAKS) SMP Negeri 30 Kota Bandung, untuk satu tahun (minimal)
d.      Penerimaan Anggaran SMP Negeri 30 Kota Bandung
1.      Penerimaan Sumbangan
1.1         Dana partisipasi masyarakat yang besarnya tidak ditentukan       
1.2        Setelah Sekolah mendapat Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari pemerintah maka biaya secara keseluruhan dibebankan pada Bos Pusat yang besarnaya Rp.1000.000/siswa per tahun, dan Bos Kota Bandung yang besarnya Rp.350.000/siswa per tahun.    
1.3        Memberikan keringanan, subsidi silang dan pembebasan kepada orangtua/wali yang sudah memperoleh surat keeterangan (KKSA)/pembebasan sesuai dengan peraturan yang berlaku sehubungan kebutuhan pribadi siswa.
2.      Pembukuan keuangan dilakukan dengan sebaik-baiknya.
3.      Penyimpanan uang harus aman/mempergunakan jasa bank pemerintah
4.      Penggunaan menurut bidang garapan yang telah ditentukan
5.      Pertanggungjawaban Penggunaan Dana
5.1        Laporan bulanan, penerimaan dan penggunaannya
5.2        Laporan sementara disampaikan kepada orangtua siswa berupa surat edaran
5.3        Laporan tahunan/insidental Dinas Pendidikan
6.      Agar hubungan sekolah dan orangtua/Komite Sekolah SMP Negeri 30 Kota Bandung bekerja baik:
6.1          Saling memelihara dan meningkatkan hubungan yang erat dan serasi
6.2          Adanya kerja sama dan tanggung jawab bersama untuk menyempurnakan dan meningkatkan mutu pendidikan
6.3          Saling mendorong dan meningkatkan hubungan baik  secara intitusi maupun perseorangan
6.4          Saling membutuhkan kelancaran kegiatan pendidikan dengan batas wewenang masing-masing
6.5          Membuktikan rasa saling mempercayai
6.6          Adanya komunikasi terbuka secara timbal balik
6.7          Adanya saling pengertian
6.8          Saling mencegah hal-hal yang dapat menimbulkan kesenjangan antara sekolah dan Komite Sekolah SMP Negeri 30 Kota Bandung
6.9          Memupuk rasa saling memiliki
6.10     Adanya rasa tanggung jawab bersama
6.11     Rasa bangga terhadap lembaga tempat putra-putrinya belajar
6.12     Kejujuran, kebenaran, dan keadilan
6.13     Musyawarah untuk mufakat dan tenggang rasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar